Yayasan Lali Laksanakan Kegiatan Tanam Pohon

0
145

Sukabumi, Berita Patroli
Lembaga Alam Lestari Infonesia (LALI) dan
PT Tirta Investama Babakanpari Aqua Sukabumi hari Selasa (25/5) menanam
4.500 pohon manggis di Kp.Cikareo Desa Jayabakti Kecamatan Cidahu.

Acara yang digagas Direktur LALI Aang Erlan Hudaya dan Manager CSR PT TIV Babakanpari Aqua Sukabumi Cacas Suwarna bersama Kelompok Jaya Lestari H.Deden turut dihadiri Kades Jayabakti Opik, Kasi Pemberdayaan Halimi, Kepala BP3K Vita, Pendamping Desa Syarif Hidayatullah dan para siswa SDN Pasir Reungit serta para tokoh masyarakat.

Manager PT TIV Babakanpari Aqua Sukabumi Cacas Suwarna mengatakan ini merupakan program CSR perusahaan. Dan manggis ini mulai berbuah setelah berusia empat tahun. Menurutnya manggis ini selain tahan terhadap hama juga bisa tumbuh disemua tempat. Dan di Kp Cikareo RT 03 RW 07 Desa Jayabakti berada dilereng Gunung Salak kondisinya cukup bagus. “Semoga lima tahun kemudian warga kampung mulai memanen manggis. Kedepannya manggis ini akan menambah ekonomi warga.” Papar Manager PT TIV Babakanpari Aqua Sukabumi, Cacas Suwarna.
Direktur LALI Aang Erlan Hudaya mengatakan program kampung hijau warga tidak kekurangan beras bakal terwujud. Pasalnya lokasi penanaman manggis berada di lereng Gunung Salak letaknya cujup jauh dari Ibu Kota Kecamatan Cidahu. Dan lagi warganya hidup sebagai petani tradisional sehingga tanaman tersebut akan terawat dengan baik.

Dan pohon manggis lanjut Aang salah satu jenis tanaman tropis yang dapat dibudi dayakan. Terbukti sebanyak 4.500 bibit tersebut merupakan hasil budi daya di Kelompok Kempal di Kp Cikurutug Los Desa Pasawahan Kecamatan Cidahu. Dan penanaman ini dilakukan di Kelompok Jaya Lestari yang diketuai H.Deden di Kp Cikareo Desa Jayabakti Kecamatan Cidahu. “Jadi sejak disemai hingga ditanam kondisi iklimnya sama sehingga tingkat kegagalannya nol persen. Kami yakin kampung ini akan menjadi sentra manggis di Kecamatan Cidahu.” Papar Aang Erlan Hudaya.Kades Jayabakti Opik dan Ketua Kelompok Jaya Lestari H Deden bangga kampungnya dijadikan area konservasi berbasis masyara kat. Apalagi tanaman tersebut berada di tanah desa yang tidak mungkin dialih fungsikan. Bahkan warga sekitar juga telah menyiapkan tanahnya untuk ditanami manggis. Mereka berharap program LALI leweng hejo rakyat ngejo (kampung hijau rakyat makan nasi) akan terwujud. Dan program Desa Jayabakti menjadi sentra manggis di Kecamatan Cidahu dapat terwujud. Gunta/Wahid

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

seven − one =