Wali Kota Depok Imbau Masyarakat Tidak Beli Sembako Berlebihan

0
223
Wali Kota Depok Muhammad Idris (pertama kanan) melakukan sidak di Pasar Agung, Kamis (2/5/2019). (Foto: Diskominfo)
Depok, Berita Patroli
Wali Kota Depok Mohammad Idris melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Agung, Sukmajaya, Depok, Kamis (02/05/2019). Sidak tersebut terkait pengawasan ketahanan pangan dalam rangka menghadapi bulan Ramadhan 1440  Hijriah.
Dari kegiatan itu diketahui tidak ada penimbunan barang, karena stok komoditas pokok masih mencukupi untuk kebutuhan di bulan Ramadan.
“Ketersediaan bahan kebutuhan pokok di Kota Depok cukup. Sejauh ini tidak ada penimbunan dan konsumsi yang berlebihan,” kata Mohammad Idris di Pasar Agung, Sukmajaya, Kamis (02/05/2019).
Menurut Idris, kegiatan sidak sebagai bentuk pengawasan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terkait stok dan harga sembilan bahan pokok (sembako) menjelang bulan Ramadan seperti beras, daging sapi, daging ayam, dan telur yang dinilainya masih cukup. Selain itu, harga sejumlah komoditas tersebut juga terbilang cukup stabil.
“Untuk beras kualitas premium harganya masih stabil yaitu Rp 11.500, telur ayam broiler Rp 25.000/kg. Kemudian untuk harga daging sapi murni dan ayam broiler juga tidak mengalami kenaikan, yaitu Rp 120.000 dan Rp 38.000,” ujarnya.
Namun, dirinya mengakui terdapat juga kenaikan bawang merah dari Rp 30.000/kg menjadi Rp 48.000 kg. Untuk bawang putih mengalami kenaikan dari Rp 35.000/kg meningkat menjadi Rp 60.000/kg.
“Tetapi, kenaikan harga tersebut masih berada di bawah harga tertinggi di Jawa Barat. Di mana harga tertinggi untuk bawang putih Rp 80.000/kg dan bawang merah sekitar 48.000-50.000/kg,” ucapnya.
Dirinya juga mengimbau masyarakat agar tidak konsumtif dengan membeli bahan kebutuhan pokok secara berlebihan. Sebab, kata dia, dapat menimbulkan kelangkaan sehingga berakibat pada kenaikan harga barang.
“Karena itu, kami akan mengintensifkan pemantauan  pergerakan harga bahan kebutuhan pokok, terutama beras, bawang merah, cabe, telur ayam, daging ayam, daging sapi, dan minyak goreng,” jelasnya.
Orang nomor satu di Kota Depok ini, juga memastikan ketersediaan stok dan pasokan bahan kebutuhan pokok yang ada di gudang, pasar tradisional maupun pasar ritel modern.
“Ia, kita akan terus memantau para pedagang agar tidak menaikan harga secara berlebihan dan tidak melakukan penimbunan barang, khususnya barang kebutuhan pokok,” kata Idris. (ADV)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

7 − 2 =