Pengunduran Diri Anggota Pamen-Pati Polri Peserta Pilkada Dalam Proses

0
55

Jakarta,beritapatroli.net

Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan surat pengunduran diri perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen), yang ikut kontestasi pilkada, sudah diproses. Setyo menegaskan mereka yang telah mengundurkan diri tak dapat kembali menjadi polisi jika tak memenangkan pilkada.

“Perlu diketahui bahwa 3 Pati yang mengikuti kontestasi cagub sudah mengajukan pengunduran diri dan sementara dalam proses,” kata Setyo di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (15/1/2018).

“Kemudian tujuh orang perwira yang lain untuk di (pemilihan) Wali Kota dan Bupati juga dalam proses,” sambung Setyo.

Setyo menerangkan untuk level jenderal, surat pengunduran diri harus di kirim ke Presiden Joko Widodo. Sementara untuk level pamen, cukup di internal Polri. Setyo melanjutkan, Polri berharap proses atas surat pengunduran diri para pati selesai sebelum 12 Februari mendatang atau sebelum penetapan pasangan kepala daerah oleh KPUD.

“Ini kan memerlukan waktu karena khusus untuk pati, kita harus ajukan lagi ke Presiden. Diharapkan sebelum tanggal 12 Februari sudah keluar keputusan pengunduran dirinya (surat pemberhentian dengan hormat),” jelas Setyo.

Setyo menjelaskan konsekuensi para pati dan pamen yang mengundurkan diri adalah mereka tidak bisa lagi kembali ke Polri manakala kalah di pilkada.

“Setelah mereka mengundurkan diri, mereka tidak bisa kembali lagi, tidak bisa kembali lagi jadi anggota Polri. Sudah keluar (dari Polri), konsekuensinya itu,” ucap Setyo.

“Begitu keluar penetapan (dari KPUD), yang bersangkutan mundur dari Polri kecuali Pak Safarudin karena beliau akan pensiun. Kalau Pak Anton dan Pak Murad, kalau beliau tidak jadi (gubernur) ya tidak bisa kembali lagi ke Polri,” sambung Setyo.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian sebelumnya telah menonjobkan ketiga jenderal bintang tiga yang ikut pilkada yaitu Kapolda Kalimantan Timur Irjen Safarudin dimutasi menjadi Pati Baintelkam. Wakalemdiklat Irjen Anton Charliyan dimutasi menjadi Anjak Utama Bidang Sespimti Sespim Polri. Dan Dankor Brimob Irjen Murad Ismail dimutasi jadi Pati Brimob. admin

 

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

thirteen + 5 =