Pemda Kotim Belum Putuskan, Masyarakat Ancam Duduki Lahan PT. IPK/DSN

0
240
Foto: Warga masyarakat saat rapat di Balai Desa Satiumg, pada 15/04/2018.

Kotawaringin Timur,beritapatroli.net

Warga masyarakat dua desa di kecamatan Mentaya Hulu Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Provinsi Kalimantan Tengah mengancam akan menduduki lahan Hak Guna Usaha (HGU) PT. Intiga Purbhakara Kahuripan (IPK) / DSN. Lantaran Pemda Kotim sampai saat ini belum memberikan keputusan terkait tuntutan hak masyarakat beberapa bulan yang lalu.

Hal tersebut disampaikan salah seorang tokoh masyarakat desa Satiung Ajun. D kepada beritapatroli.net, Senin (16/04/2018) siang di kediamannya.

Pemda Kotim sampai saat ini belum memberikan keputusannya lanjut Ajun, karena ada beberapa oknum tertentu yang diduga mengintervensi keputusan tersebut,” ada oknum pihak tertentu yang intervensi keputusan ini sehingga masyarakat dua desa yang menjadi korbannya,     ” ungkap Ajun.

Masyarakat dua desa yang akan turun kelapangan nanti yakni masyarakat desa Satiung dan masyarakat desa Santilik. Mereka akan melakukan penahanan kembali lahan HGU Perusahaan Besar Swasta (PBS) PT. IPK/DSN,” kalau Pemda tidak ada keputusan, kami akan melakukan aksi penahanan lahan lagi pada tanggal 25 April 2018 nanti,” ancam Ajun.

Ajun berharap kepada warga masyarakat dua desa disaat aksi penahanan lahan tersebut agar tidak melakukan yang bertentangan dengan hukum,” sehingga tidak ada pihak lain yang menjadi korban. Oleh sebab itu, jangan melakukan yang anarkis,” harap Ajun.

Pihak lain, Ketua Umum Lembaga Indevenden Investigator (LIING) Provinsi Kalimantan Tengah Masroby mengapresiasi statemen salah seorang tokoh masyarakat terkait harapannya agar jangan melakukan anarkis disaat penahanan lahan untuk memperjuangkan hak mereka.

Masroby juga berharap, kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur agar secepatnya mengambil suatu keputusan untuk masyarakat,” karena selama ini masyarakat dua desa ini yang menjadi korbannya. Jangan berlarut-larut,” harap Roby panggilan akrabnya. (Perwakilan Kalteng)

 

 

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

twelve + 3 =