Kanwil DJP Jakarta Pusat: Banyak Artis Tak Patuh Pajak

0
113

Jakarta, Berita Patroli

Deddy Corbuzier bisa dianggap sebagai warga negara yang telah patuh pajak, setelah melunasi pembayaran senilai Rp 2,5 miliar. Masih banyak warga negara, khususnya kalangan artis yang belum bertindak seperti magician dan presenter tersebut.

Apa kemungkinan penyebabnya?

“Kalau menurut saya kemungkinan besar banyak yang salah menghitung,” kata Wahyu Karya Tumakaka, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jakarta Pusat di Jakarta, Rabu (18/10/2017).

Wahyu mencontohkan, seringkali artis menganggap setelah perusahaan atau pemberi kerja memotong pajak, maka persoalan selesai. Padahal pajak tetap dihitung di akhir tahun dengan menggabung penghasilan keseluruhan.

“Jadi di akhir tahun kalau isi SPT kan ketahuan, jadi ada pajak yang seharusnya dibayarkan lagi,” terang Wahyu.

Hal-hal tersebut, menurut Wahyu bisa diatasi dengan konsultasi ke kantor pajak terdekat. Wahyu memastikan para petugas memberikan informasi yang lengkap kepada wajib pajak.

Wahyu mengapresiasi Deddy yang sudah melunasi kewajiban pajaknya. Ini membuktikan bahwa siapapun orang Indonesia yang mendapatkan penghasilan, maka harus membayar pajak sesuai aturan yang berlaku.

“Jangan mengira artis itu enteng-enteng saja, mereka juga harus tetap bayar pajak,” tegas Wahyu.

Ditjen Pajak terus mengimbau masyarakat, khususnya artis memenuhi kewajiban pajak. “Kita tidak mengincar atau kejar-kejar. Kita imbau mereka datang dan akan menjadi cerita positif,” pungkasnya.admin

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

three × 2 =