Kabid P2 Dinas Bina Marga Pasuruan, Diduga Korupsi Dana PJU Tahun 2016

0
568

Pasuruan, Berita Patroli
Nampaknya tidak pernah merasa jerah dan kapok, apa yang telah dilakukan oleh pejabat birokrasi pemerintah kabupaten Pasuruan, salah satu diantaranya adalah para pejabat dinas bina marga. Pasalnya sudah banyak kabar dan berita tentang dilaporkannya pejabat yang korupsi, selanjutnya diperiksa serta ditahan oleh penegak hukum untuk diajukan kemeja hijau, untuk menjalankan proses persidangan kasus tindak pidana korupsi yang dilakukannya.

Adalah proyek pengadaan dan pembangunan Lampu Penerangan Jalan Umum ( LPJU ) yang dilakukan oleh Dinas Bina Marga Kab Pasuruan dengan besaran anggaran kurang lebih 25 milyar pada tahun anggaran 2016, diduga telah terjadi penyimpangan dan penyalagunaan anggaran yang mengakibatkan kerugian keuangan Negara. Mungkin kejadian ini sesuai dengan apa yang pernah dikatakan Adi Santoso,SH.MH kepala Kejaksaan Negeri Bangil kepada awak media Pasuruan yang dikutip oleh Berita Patroli bahwa setiap tahun tingkat korupsi di Kab Pasuruan mengalami peningkatan yang tinggi dan harus diwaspadai.

Indikasi terjadinya korupsi pengadaan dan pembangunan LPJU Kab Pasuruan sebesar hamper 25 milyar tersebut, diduga kuat terjadi pada saat pemaketan LPJU dengan cara Penunjukan Langsung ( PL ) dengan anggaran kurang lebih 200 juta kepada 123 sampai dengan 128 kontraktor pelaksana, sementara hanya 6 paket yang melalui proses lelang. Hal ini sangat memungkinkan terjadi mark-up anggaran saat pengadaan barang dan jasa yang tidak sesuai dengan spesifikasi ( SPEK ) yang ada termasuk jenis lampu, tiang dan pondasi ting listrik yang tidak sesuai dengan petunjuk tehnis dan gambar.

Awak Berita Patroli bersama dengan awak media Pasuruan lainnya menemukan kejanggalan dilapangan yang diduga telah terjadi penyimpangan anggaran proyek LPJU Kab Pasuruan. Diantaranya adalah Tiang pipa lampu Galvanis Oktagonal setinggi kurang lebih 8-9 meter diduga tidak sesuai dengan Spek dan persyaratan tehnis, karena relative tipis dan mudah patah karena kualitanya diduga rendah, serta spesifikasi dan kualitas lampu dan penutup lampu juga diduga kuat tidak sesuai dengan Spek. Yang semestinya pengadaan tiang dan lampunya adalah jenis lampu LED 120-130 W, tegangan 265, temperatur 6.500, Luminous Flux 12.000.
Dalam kesempatan berbeda Berita Patroli berusaha mengkonfirmasi Hari Aprianto kepala dinas bina marga Kab Pasuruan, namun karena kesibukan dilapangan akhirnya ditemui dan diterima oleh Sutarjo Sekretaris dinas bina marga. Kepada Berita Patroli dia menjelaskan,” Bahwa tidak benar jika kelapa dinas dipanggil pihak kejaksaan dan saya pastikan itu tidak benar, namun bila berhubungan dengan PJU maka silakan langsung berhubungan dengan yang bersangkutan yaitu Hartono Kabid P2 ( Pemeliharaan dan Perawatan ) sini sampean tak antar kekantornya disitu. ( sembari menunjuk tempat Hartono ).” Jelasnya.

Selama 7 kali awak berita Patroli berusaha mengkonfirmasi kepada hartono perihal dugaan adanya korupsi dana PJU dengan nilai milyaran rupiah, namun selama 7 kali tidak ketemu dikantornya. Sementara staf Hartono yang selalu menjawab kepada awak media bahwa Hartono dinas luar. Sementara awak media menghubungi melalui HP yang bersangkutan085850236xxx selau tidak aktif dan sampai berita ini diturunkan Hartono masih belum bisa dihubungi. (muin) BERSAMBUNG

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

two × 1 =