Jokowi Resmikan Stadion GBK yang Menelan Biaya Renovasi Rp 700 Miliar

0
90

Jakarta,beritapatroli.net

Presiden Joko Widodo menyaksikan pertandingan Tim Nasional (Timnas) Indonesia melawan Timnas Islandia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, Minggu 14 Januari 2018.

Tak hanya menyaksikan pertandingan ini, mantan Gubernur DKI Jakarta ini meresmikan renovasi SUGBK yang menelan biaya Rp 700 miliar lebih itu.Jokowi pun menilai renovasi SUGBK sudah baik. Hal itu terlihat dari sisi pencahayaan dan drainase.

“Tadi kan sudah kita lihat bersama dari sisi lighting bagus. Pas tadi kena hujan saya kira sudah sangat bagus,” kata Jokowi usai pertandingan.

Tak hanya itu, dia pun menyampaikan SUGBK menjadi kebanggaan bangsa Indonesia dan dipuji pelatih Timnas Islandia. “Jadi juga pelatih Iceland menyampaikan stadionmu sangat besar dan sangat bagus,” katanya.

Di balik stadion yang sudah bertaraf internasional, Jokowi pun meminta agar Timnas baik junior maupun senior agar lebih berprestasi.

“Ya pokoknya kita perbaikilah, sudah baik terutama dalam prestasi,” ujarnya.

Foto:Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, telah rampung direnovasi.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo senang akhirnya renovasi Stadion Gelora Bung Karno telah selesai dilakukan. Jokowi menulis status di Facebook resminya dan mengunggah sebuah foto yang menampilkan wajah GBK pascadirenovasi.

Tujuh bulan sebelum penyelenggaraan Asian Games 2018, renovasi Stadion Utama Gelora Bung Karno akhirnya selesai dan siap digunakan. Dan inilah wajah Stadion Utama GBK yang baru,” tulis Presiden di akun Facebook-nya, Sabtu (13/1/2018).

Jokowi mengatakan, GBK dapat menampung kapasitas 80.000 penonton dengan kualitas kursi lebih bagus.

Ada jenis satu kursi (single seat) dan lipat (flip up) yang telah memenuhi standar aksesibilitas evakuasi.

Setiap kursi mampu menahan beban hingga 250 kilogram dan tidak mudah ditarik sehingga menahan aksi vandalisme,” kata Jokowi.

Stadion ini juga, lanjut Presiden, sudah mengikuti standar FIFA dalam aspek keamanan. Di kondisi darurat, dalam waktu 15 menit, stadion sudah harus kosong.

Stadion ini akan diterangi lampu berkekuatan 3.500 lux. Ini tiga kali lebih terang dari sebelumnya, tapi 50 persen lebih hemat karena menggunakan LED, bukan lagi lampu konvensional.

“Dari segi pencahayaan, ini salah satu yang terbaik di dunia saat ini,” kata Mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Sistem pencahayaan GBK, lanjut Presiden, terintegrasi dengan sistem tata suara yang berkekuatan hingga 80.000 watt PMPO.

Lalu, bagaimana dengan lapangan di dalamnya? Permukaan lapangan akan berlapiskan rumput dari jenis terbaik, zoysia matrella, yang dilengkapi alat penyiram otomatis hingga sistem drainase antibanjir.admin

.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

two × one =