Dishub DKI Luncurkan Armada Asian Games 2018

0
164
Foto: Massdes Arouffy, Kepala Bidang Angkutan Jalan Dishub DKI Jakarta.

Jakarta,beritapatroli.net

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta siap melaksanakan pengadaan armada bus bagi para peserta Asian Games di Jakarta pada Agustus 2018.

“Kita akan siapkan lebih seribu unit kendaraan, mulai dari Transjakarta, Inova, Sedan, dan Mobil Box,” kata Massdes Arouffy, Kepala Bidang Angkutan Jalan Dishub DKI Jakarta kepada Berita Patroli di Jakarta, Jumat (9/3).

Pengadaan armada ini, kata dia, seharusnya sudah dilakukan proses lelang pada Januari 2018, namun ditunda karena jumlah armada yang diusulkan berubah-ubah. “Ada hikmahnya juga lelang itu ditunda. Kalau tidak, bisa repot. Apalagi, sempat keluar SPK (Surat Perintah Kerja),” kata Masdes.

Bayangkan, kata dia, pihaknya sudah lima kali menerima surat perubahan jumlah armada yang dibutuhkan dalam Asian Games. Misalnya, semula 150 armada, berubah menjadi 200 armada, dan begitu seterusnya.

Itu sebabnya, menurut Masdes, lelang pengadaan bus hingga saat ini belum final, karena belum ada kepastian jumlah armada—termasuk peserta lelang. “Tadinya, hanya satu perusahaan peserta lelang. Ini tidak cukup, minimal lebih tiga perusahaan, dan harus bermitra dalam bentuk konsorsium (KSO). Kalau ditangani sendiri repot karena lebih dari 1000 unit kendaraan,” katanya.

Dalam pengadaan ini, kata dia, Dishub DKI bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan.itu  “Tidak semua bus itu dibeli, ada juga yang disewa,” ujarnya.

Untuk itu disiapkan dana sebesar Rp 70 miliar yang bersumber dari APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) DKI Jakarta.

Armada itu disiapkan untuk acara Asian Games pada Agustus 2018, dan Asian Para Games (Distabilitas) pada Oktober 2018.

Yang jelas, kata dia, mobil-mobil yang digunakan dalam event Asian Games tersebut tidak boleh usianya lebih dari tiga tahun (mobil keluaran tahun 2015-red).

Sejauh ini, kata Masdes, pihaknya memberi kesempatan bagi perusahaan  yang ingin ikut lelang pengadaan kendaraan tersebut. “Diharapkan proses lelang sudah bisa dilakukan, dan tak ada lagi kendala soal kepastaian jumlah armada yang dibutuhkan dalam Asian Games 2018,” tutup Masdes.tim

 

 

 

 

 

 

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

8 − 7 =