Danlantamal Belawan Tangkap Kapal Bawa Beras Ketan Ilegal

0
79

Jakarta,beritapatroli.net
Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) Belawan, Sumatera Utara Kapten Sukarno membenarkan penangkapan kapal berisi beras ketan atau beras pulut ilegal di perairan Daerah Istimewa Aceh (DIA).

“Iya benar. Isi (kapal) beras pulut (ketan),” ujar Sukarno seperti dikutip Harian Terbit yang melakukan konfirmasi dari Jakarta, Rabu (31/1/2018).

Namun Sukarno belum bisa merinci berapa pastinya jumlah dan berasal dari negara mana. “Nanti ya, masih rapat,” ucapnya dan mengakhiri percakapan.

Sebelumnya Tim Western Fleet Quick Response (WFQR) I TNI Angkatan Laut menangkap kapal KM Akarasa di perairan Air Masin, Aceh Tamiang. Kapal tersebut berangkat dari Thailand dan bermuatan beras ketan ilegal.

Untuk diketahui, penangkapan berawal dari informasi adanya kapal yang membawa 25 ton beras ketan ilegal. Beras tersebut diselundupkan melalui jalur laut di sekitar perairan Aceh.

“Kemudian Tim WFQR I menindaklanjuti info tersebut dengan menggerakkan KAL Pulau Siba menuju perairan Aceh Tamiang untuk melaksanakan patroli penyekatan.

Kemudian Tim WFQR I dengan menggunakan KAL Pulau Siba tiba di sekitar perairan Air Masin dan kemudian melaksanakan patroli penyekatan dan pemantauan di sekitar perairan tersebut,” ujar Kadispen Koarmabar Letkol Laut (P) Agung Nugroho, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (31/1/2018).

Dijelaskannya, petugas menemukan kapal tersebut pada Selasa (30/1) sekitar pukul 20.00 WIB. Petugas langsung menggeledah dan menemukan barang bukti berupa 25 ton beras ketan ilegal.

“Adapun dari hasil pemeriksaan didapatkan data nama kapal KM Akarasa GT.24 No.147/QQd dengan muatan beras ketan sebanyak lebih kurang 25 ton dengan jumlah ABK 3 orang. Dari hasil pemeriksaan bahwa kapal tersebut berlayar dari dermaga Saton Thailand dengan tujuan Air Masin Aceh Tamiang,” pungkasnya.

Kini kapal tersebut sudah diamankan dengan tiga ABK-nya oleh Lantamal I Belawan guna kelanjutan pemeriksaan.red

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

two × 5 =