Bupati Harus Bertanggung Jawab dari Dugaan Maraknya Proyek yang Menyimpang di Dinas Perkimsih

0
196

Sukabumi, Berita Patroli
Maraknya perkerjaan proyek infrastruktur
dari APBD murni tahun 2017 di Dinas PERKIMSIH ( Perumahan Rakyat Pemukiman dan Kebersihan ) Kabupaten Sukabumi dilokasi Kecamatan Cidahu dan Kecamatan Cicurug, yang menyimpang dari juklak -juknis sebut saja diantaranya.

Pembangunan Jalan Setapak di Kp. LEGOG NYENANG Rt05/Rw07 .Desa Cidahu Kecamatan Cidahu ( Tidak ada plang proyek,bahan material memakai cadas ,dikerjakan oleh masyarakat dengan bergotong royong atau bakti sosial , kontraktor tidak melapor keDesa) Pembangunan TPT di Kp.JABON MANGLID Rt01/Rw06 .Desa Cidahu Kecamatan Cidahu ( Bahan material memakai cadas, Semen tak sesuai dengan RAB ,perkerjaan di subkontrakan kepada pihak lain , kontraktor tidak melapor keDesa ) 1.Pembanguna TPT di Kp.JOGJOGAN Rt03/ Rw02 Desa Cidahu Kecamatan Cidahu. ( Tidak ada plang proyek ,Semen tak sesuai dengan RAB ,  kontraktor tidak melapor keDesa ) Pemagaran TPU ( Tempat Pemakaman Umum ) di Kp.CARINGIN Rt 02/ Rw 06. Desa Nyangkowek Kecamatan Cicurug (Tidak ada plang proyek ,Semen tak sesuai dengan RAB ,  kontraktor tidak melapor keDesa ) Pembangunan TPT ( Tembok Penahan Tebing ) di Kp.CICUWOL Rt 02/ Rw 09 Desa Mekarsari Kecamatan Cicurug.( Tidak ada plang proyek ,Semen tak sesuai dengan RAB ) Pembangunan Jalan Lingkungan di Kp.MANGGIS GIRANG Rt03/Rw10 Desa Benda Kecamatan Cicurug ( Tidak ada plang proyek ,Semen tak sesuai dengan RAB ) Pembangunan Jalan Lingkungan di Kp. BABAKAN SARI Rt04/Rw02 Desa Benda Kecamatan Cicurug ( Tidak ada plang proyek ,Semen tak sesuai dengan RAB ) Pembangunan Jalan Lingkungan di Kp.PAJAGAN Rt03/Rw11 Desa Benda Kecamatan Cicurug ( Tidak ada plang proyek ,Semen tak sesuai dengan RAB )Pembangunan Jalan Lingkungan di Kp. BANG KONG REANG Rt02/Rw07 Desa Benda Kecamatan Cicurug ( Tidak ada plang proyek ,Semen tak sesuai dengan RAB)

Mitra kerja Dinas PERKIMSIH Konsultan  jasa pengawas perkerjaan dilapangan CV.TIRTA MENTARI melalui Bapak ARI mengatakan “ Pihaknya sudah menegur para kontraktor yang indisipliner ini dan tidak sesuai dengan komitmen dalam melaksanakan proyek pembangunanya dan ada beberapa diantaranya tidak melapor ke pihak konsultan jadi konsultan tidak mengetahui aktivitas kegiatanya ,kalau masalah RAB ,SITE PLAN dan KONTRAKTORnya pihak Dinas PERKIMSIH yang membuat ( Konsultan Perencanaan ) jadi kami ( CV.TIRTA MENTARI ) tidak tahu siapa -siapa nama nama kontraktor yang mengerjakan dilapangan. “ Ungkap ARI

Ditempat lain yang terpisah salah satu anggota dari LSM -LPIS ( Lembaga Pemantau Investigasi Sukabumi )” WAHID” yang juga aktivis pemantau dan peduli pembangunan , lingkungan hidup di wilayah Cidahu-Cicurug mengatakan “ Proyek proyek tersebut diatas sebagia kecil diantaranya betapa rancu dan buruknya pengawasan dari tingkat konsultan dan Dinas PERKIMSIH. Bupati Sukabumi Drs.Marwan Hamami .Msi telah mengeluarkan SK ( Surat Keptusan ) untuk ACEP SAIFUDIN menjadi kepala Dinas PERKIMSIH jadi Bupati secara tidak langsung ikut bertanggung jawab dalam permasalahan proyek diDinas PERKIMSIH ini.

Diawali dari tidak adanya RUP ( Rencana Umum Pengadaan ) yang diamanatkan LKPP ( Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang /Jasa Pemerintah ) di On-line sampai saat ini tanggal 18 -Mei -2017 dari Dinas PERKIMSIH tidak memasukan kegiatan proyeknya di RUP,sedangkan Bupati Sukabumi mendengungkan agar semua proyek diKabupaten Sukabumi agar masuk dalam RKPD ( Rencana Kegiatan Pemerintah Daerah ) 0-Online.Tentu saja semua proyek di Dinas PERKIMSIH ini diduga kuat sudah tidak transparansi dan akuntable Karena tidak dapat diakses dan diduga sudah melanggar UU No 28 Tahun 2008 ttg KIP ( Keterbukaan Informasi Publik ) beserta turunanya . Proyek proyek diDinas PERKIMSIH tidak terstruktur dan patut diduga efeknya bertabrakan dengan program MUSRENBANGDES yang sudah dion-line kan dan dianggarkan dari DANA DESA, hal ini diduga pula adanya Praktek KONSPIRASI,antara Dinas PERKIMSIH-Konsultan Pengawas-Kontraktor. Fakta dan data dilapangan proyek dari  Dinas Perkimsih yang rancu ini perkerjaanya diakukan oleh para kontraktor diduga menyimpang dari mekanisme juklak dan juknis akibat lemahnya control pengawasan dari jasa konsultan dan konsultan perecanaan akibat nya keuangan negara rugi dalam milliaran rupiah dan pihak Desa maupun Kecamatan dikambing hitamkan oleh ulah para kontraktor ini.Antara pagu anggaran yang tertera dalam plang proyek dan kira-kira anggaran yang terserap tidak bisa tercontrol oleh para awak media maupun LSM sehinggah menimbulkan konotasi negative thinking dan ini bukan merupakan rahasia negara yang ditutupi.  Track record Dinas ini ,sejak Dinas ini pecah dari PU -BINA MARGA selalu banyak diterpa masalah.

Era Bupati SUKMA WIJAYA Dinas TARKIMSIH dikomadani oleh Ir.Teja Sumirat terlibat masalah hukum dari kasus MCK + + .Di Era PJS Bupati ACHDIYAT SUPARMAN Dinas TARKIMSIH dikomadani ADE SETIAWAN terlibat masalah kasus SPAM -IKK.  Akan kah di Era Bupati MARWAN HAMAMI  Dinas PERKIMSIH ini terlibat masalah yang baru lagi dari pengadaan proyek ini yang tidak tercatat dalam on-line RUP-LKPP yang diduga sudah melanggar UU No 28 Tahun 2008 ttg KIP ( Keterbukaan Informasi Publik ) beserta turunanya. Dinas PERKIMSIH diduga sudah mengelabui para awak media yang melakukan social control.Oleh Karena itu Bupati harus bertanggung jawab dalam masalah ini. Hal ini tentunya tidak menjadikan untuk SUKABUMI LEBIH BAIK  management yang dipakai dan diterapkan masih menggunakan era Bupati SUKMA WIJAYA” Ungkap Wahid.

Sampai berita ini ditulis dan diturunkan untuk yang kedua kalinya,Kadis PERKIMSIH ACEP SAIFUDIN oleh Berita -Patroli dan rekan media lainya sangat sulit untuk ditemui guna mengkonfirmasi maupun mengklarifikasi adanya termuan permasalahan kasus tersebut diatas ,diduga Kadis PERKIMSIH alergi terhadap awak media dan maraknya permasalahan di Dinas Perkimsih yang tak tepat sasaran sehinggah Kadis PERKIMSIH jarang masuk kantor.
GUNTA & TEAM- Bersambung ( Edisi berikut nya AUDIT BPK-RI tahun 2015 ttg Dinas Perkimsih )

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

nineteen + 19 =