Bazis DKI : Kesadaran Masyarakat Bayar Zakat Meningkat

0
121

Jakarta,beritapatroli.net

Pengumpulan dana zakat dari masyarakat setiap tahun terus meningkat. Untuk tahun 2016 terhimpun sebesar Rp 154 miliar, dan tahun 2017 bertambah menjadi Rp 191,6 miliar.

“Ini pertanda kesadaran masyarakat membayar zakat meningkat,” kata Kepala Badan Amal, Zakat, Infak, dan Sedekah (Bazis) DKI Jakarta,  Zahrul Wildan didampingi Humas Bazis Erw dnaanto kepada Berita Patroli di kantornya, Kamis (1/3).

Bazis DKI yang merupakan non-struktural Pemprov DKI tugasnya adalah mengumpulkan dan menyalurkan dana zakat, infak dan sedekah kepada masyarakat pakir miskin.“Dana zakat Rp 191,6 miliar ini akan disalurkan tahun ini melalui lima program Bazis,”kata dia.

Lima program itu adalah; Jakarta Sejahtera, Jakarta Sadar Zakat, Jakarta Cerdas, Jakarta Mandiri dan Jakarta Peduli. Program ini bertujuan untuk membantu masyarakat koban musibah di mana saja, termasuk memberikan bantuan bea siswa untuk menyelesaikan (S-1 dan S-2).

 

Selain itu, Bazis DKI juga menyalurkan bantuan untuk kegiatan keagamaan, seperti Jakarta Bertaqwa; majelis taqlim, masjid, musholla dan lain-lain.

Menurut Erwanto, Bazis DKI bisa mempertanggung jawabkan penyaluran dana zakat kepada masyarakat pakir miskin, dan kegiatan keagamaan. “Kami selalu mendapat penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Akuntan Publik,” katanya.

Menurut dia, Akuntan Publik akan mengaudit dana zakat Rp 191,6 miliar itu pada Maret-April 2018. Hasil audit bisa dilihat di Pos Kota dan Repbulika. “Kita dalam melayani masyarakat bersifat akuntabel dan transparansi, sehingga masyarakat bisa melihat kemana saja dana yang terhimpun—termasuk penyaluran dana tersebut,” kata Erwanto.

Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat membayar zakat, Bazis DKI terus melakukan kegiatan, seperti Launching Sadar Zakat di Thamrin City dan Seasons City. Dalam kegiatan ini, Wakil Gubernur  DKI Sandiaga Uno mengatakan, Launching Mall Sadar Zakat dan Amal Sosial ini untuk memberikan kemudahan dalam menunaikan zakat dan sosial, serta konsultasi zakat. Tim.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

3 × 3 =