Bandara Silangit Resmi Menjadi Bandara Internasional Oktober Mendatang

0
106

Jakarta, Berita Patroli

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim), Luhut Binsar Pandjaitan memastikan kesiapan Bandara Silangit, Sumatera Utara. Sebab, Oktober mendatang bandara tersebut resmi menjadi bandara internasional.

Dia melakukan pendaratan dari penerbangan internasional di Bandara Silangit, pada Jumat, kemarin. Sebelumnya, Menko Luhut mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan kenegaraan di Singapura.

Peresmian Bandara Silangit tinggal menunggu waktu satu bulan. Menko Luhut akhirnya melakukan uji coba penerbangan langsung dengan menggunakan Private Jet dari Singapura ke Silangit.

“Bulan Oktober mendatang Presiden Joko Widodo akan meresmikan Bandara Silangit sebagai bandara internasional. Jadi harus benar-benar siap,” ujar Menko Luhut lewat keterangan tertulis yang diterima, Sabtu (9/9/2017).

Dia juga mengatakan, beberapa hari yang lalu, pihaknya telah melakukan pertemuan dengan beberapa negara, yakni Tiongkok, Jepang, dan Singapura. Ketiga negara itu dinilainya memiliki keinginan untuk berinvestasi di Danau Toba, terutama di bidang infrastruktur. Hal itu dianggappenting lantaran dapat menyerap banyak sumber daya manusia (SDM).  Untuk itu, Menko Luhut mendorong agar pemerintah daerah menyiapkan SDM-nya.

“Masalah manusia menjadi penting. Ini masalah kualitas SDM kita. Kita jangan cari masalah dengan tidak meningkatkan pendidikan dan disiplin kita,” jelasnya.

Mantan Purnawirawan (Purn) Jenderal TNI ini menyatakan, sekarang paling banyak turis datang dari Tiongkok, disusul Australia, dan Singapura. Untuk itu kita harus benar-benar mempersiapkan segalanya agar masyarakat bisa menikmati keuntungannya, misalnya handycraft.

“Jadi menurut saya, Pak Bupati, Pak Gubernur itu perlu menyiapkan training-training untuk ahli-ahli handycraft kita. Supaya nanti mereka tidak membawa handycraft dari luar,” ujarnya. Admin.

 

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

1 × five =