Aktivis Minta Bupati Kotim Tindaklanjuti Temuan DPRD

0
232

Kotawaringin Timur, Berita Patroli

Aktivis Lembaga Indevenden Investigator Provinsi Kalimantan Tengah Masroby meminta Bupati Kotawaringin Timur H. Supian Hadi,S.Ikom agar segera menindaklanjuti hasil temuan Panitia Khusus (Pansus) DPRD di bidang perkebunan kelapa sawit.

Investigasi yang dilakukan Pansus DPRD Kabupaten Kotim beberapa tahun yang lewat lanjut masroby, banyak ditemukan penyimpangan dan permasalahan secara nyata telah terjadi dilapangan yang ditimbulkan oleh Perkebunan Besar Swasta (PBS) kelapa sawit itu.

“Salah satu hasil laporan tim Pansus DPRD terkait adanya lahan untuk kemitraan 2300 hektar pada PBS PT. Intiga Prabhakara Kahuripan (IPK) di kecamatan Mentaya Hulu sampai saat ini tidak ada untuk masyarakat desa Satiung dan desa Santilik yang kena dampak Hak Guna Usaha (HGU) mereka,” kata Masroby.

Masroby menambahkan, tim Pansus DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur sudah membuat rekomendasi kepada pemerintah daerah beserta jajaran instansi terkait agar menindak lanjuti hasil temuan tersebut,” dari tahun 2011 sampai saat ini tidak ada tindakan dari pemerintah,” tambahnya.

Oleh sebab itu, aktivis lembaga LIING sekaligus mewakili masyarakat berharap kepada Bupati Supian Hadi,S.Ikom agar segera menindak lanjuti rekomendasi tim Pansus DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat dan perekonomian daerah.

Ketika dikonfirmasi hasil temuan DPRD terkait adanya lahan kemitraan 2300 hektar, pihak perusahaan tidak banyak berkomentar,” kami menyerahkan semua permasalahan itu kepada pemerintah Kabupaten setempat. Apa keputusan pemda kami mengikuti,” kata salah satu managamen PT. IPK/PT. Daniesta Surya Nusantara (DSN) belum lama ini di Palangka Raya.  (Tim berita Patroli Perwakilan Kalteng)

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

18 + 10 =